Kelas : II
Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : 3. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.

Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menuliskan kosakata tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di tempat bermain, Dapat menjelaskan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya dua dimensi berupa gambar imajinatif, serta dapat menentukan ruas garis pada bangun ruang dengan benar.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Hari ini kita akan melihat video cerita tentang Dayu dan teman-teman
sedang mengerjakan tugas bersama di tempat bermain. Dari cerita ini, kita akan belajar kosakata tentang
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di tempat bermain, kemudian kita juga akan belajar tentang karyadua dimensi berupa gambar imajinatif. Setelah itu, kita belajar tentang ciri-ciri bangun ruang.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Kegiatan 1
Anak-anak, hidup bersih dan sehat tidak hanya dilakukan di rumah dan di sekolah. Kita harus membiasakan hidup bersih dan sehat di semua
tempat. Termasuk di tempat bermain. Hari ini kita akan melihat kegiatan Dayu dan teman-teman di tempat bermain. Mari kita lihat video ceritanya

Lihat video disini

Setelah melihat video cerita tadi, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

  1. Tuliskan makna dari kata berikut!
    a. Indah = __________________
    b. Rindang = ________________
  2. Buatlah kalimat menggunakan kata rindang!
  3. Tuliskan alat dan bahan yang digunakan untuk
    membuat karya dua dimensi berupa gambar atau
    lukisan! _____________________
  4. Tuliskan fungsi dari alat menggambar berikut!
    a. Pensil = _________________
    b. Kuas = __________________
    c. Palet = __________________

Kegiatan 2
Pada video tadi, kita sudah melihat tentang bangun ruang dan salah satu cirinya, yaitu jumlah ruas garis
yang dimiliki oleh suatu bangun ruang.

Pada kegiatan ini, Bapak/Ibu guru sudah mempunyai beberapa
bangun ruang yang berbeda.


Buatlah gambar bangun ruang dengan menggunakan penggaris. Jika kalian kesulitan menggunakan
penggaris untuk menggambar bangun ruang, mintalah bantuan orang tua yaa.

Jangan lupa ucapkan tolong saaat meminta bantuan, kemudian
ucapkan terimakasih setelah menerima bantuan 😊

*******************************

RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 3 download disini

Kisi-kisi PAS 1 Kelas 2 download Kisi-kisi PAS 1 SBDP download Kisi-Kisi PAS 1 PLBJ download. Bank Soal Kelas 2 download

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta